122 views

Gambar Cerita Dapat Siswa Berbicara & Menulis

By | 08/03/2021
Gambar Cerita Dapat Siswa Berbicara & Menulis

DANISHQAISHARNAWFAL.COM, Gambar Cerita Dapat Siswa Berbicara & Menulis – Gambar ke cerita. Kegiatan ini memberikan latihan berbicara dan menulis serta menggunakan imajinasi peserta didik untuk membuat cerita berdasarkan gambar.

Kegiatan yang berpusat pada peserta didik ini juga mempraktikkan formulir pertanyaan dan mendorong kolaborasi dan kerja tim. Ide tersebut sangat dipengaruhi oleh Jacosta Von Achten dari British Council, Bangkok.

Persiapan

Siapkan gambar yang kemungkinan akan merangsang minat dan imajinasi siswa Anda.

Prosedur

  • Perlihatkan gambar kepada siswa dan mintalah mereka bekerja dalam kelompok untuk mempersiapkan beberapa pertanyaan mengenainya. Di bawah ini adalah lampiran dengan contoh foto. Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan yang mungkin diajukan siswa.
    Siapa pria itu? Berapa umur pria itu? Di mana dia tinggal? Dengan siapa dia berbicara? Apa yang dia bicarakan? Apa yang dia katakan?Bagaimana perasaan dia? Kenapa dia terlihat khawatir? Apa yang akan terjadi padanya?
  • Ketika siswa bekerja sama, pantau dan bantu pembuatan pertanyaan. Berikan saran dan koreksi jika perlu. Jika siswa berjuang untuk memikirkan pertanyaan, berikan petunjuknya.
  • Ketika Anda merasa siswa telah menghasilkan cukup banyak pertanyaan, mintalah siswa untuk mengajukan pertanyaan kepada Anda secara lisan.
  • Ketika Anda menerima pertanyaan, mintalah kelompok lain untuk menjawab.
  • Ketika mereka menjawab (menggunakan imajinasi mereka) tulislah jawaban mereka di papan tulis.
  • Ketika Anda telah menyelesaikan semua pertanyaan, mintalah siswa bekerja berpasangan dan menceritakan sebuah kisah kepada satu sama lain berdasarkan jawaban yang diberikan. Jika mereka ingin mengubah detail apa pun, beri tahu mereka bahwa ini baik-baik saja.
  • Ganti pasangan dan mintalah siswa menceritakan kisah mereka lagi.
  • Sekarang ganti pasangan lagi. Kali ini minta mereka untuk menulis cerita yang telah mereka ceritakan bersama.
  • Pantau dan tawarkan saran dan bantuan jika perlu.
  • Tempelkan cerita yang sudah selesai di dinding dan doronglah siswa untuk membaca dan mengomentarinya.

Perpanjangan

Berilah setiap pasangan siswa gambaran yang berbeda. Mereka harus menulis cerita berdasarkan gambar. Jika Anda memiliki peralatan perekam yang tersedia, siswa dapat merekam cerita mereka yang telah selesai. Ini kemudian dapat diputar untuk semua siswa sambil mereka melihat salinan dari semua gambar aslinya. Siswa kemudian dapat mencocokkan gambar tersebut dengan cerita yang direkam. Alternatifnya, mereka bisa membaca cerita dan mencocokkannya dengan gambar. (Oleh Derek Spatford)

Baca juga: Berbicara tentang Masa Lalu Kehidupan Kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *