Cara Mudah Memasang Antena TV dan Booster

By | May 5, 2020
Cara Mudah Memasang Antena TV dan Booster

Cara Mudah Memasang Antena TV – tutorial tentang memasang antenna tv dan booster dengan mudah. Antenna TV dengan merka advance digital dan booster dengan merk toyosaki.

Ketika tv sudah ada, saya bingung bagaimana cara pasang antenna dan boosternya. Kebetulan dulu waktu punya televisi, yang memasang antenna dan boosternya orang lain. Jadi tidak menyimak bagaimana cara memasangnya. Ini saya mau berbagi tutorial nekat alias terserah kalua mau menyala, yah syukur alhamdulillah. Kalau tidak menyala yah otak-atik terus sampai menyala dan bagus gambarnya di  televisi.

Internet memang luas, segala bentuk gambar, video, atau ilmu pengetahuan itu ada didalamnya termasuk dari kegelisahan saya bagaimana memasang antenna dan booster, di internet  menjawab semuanya. Dan akhir dari tutorial ini saya berhasil memasang semuanya dan gambar televisinya lumayan bagus. Akan tetapi ada saja saluran yang kurang bagus. Maklumlah, kami tinggal didaerah yang tinggi.

Tutorial kali ini saya akan membagikan bagaimana caranya merakit atau memasang antenna dan booster agar bisa sampai ke televisi kita dan saluran-saluran yang ada di televisi itu semuanya bagus. Nah pertama, saya akan memberikan tutorial terlebih dahulu merakit antenna. Yang saya pilih ini atau saya beli merk antenna Advance digitals tipe AA-901. Dengan spesifikasinya adalah: Gain: 12 dBi, Operation frequency: 470 – 810 MHx, Output impedance: 75Ω, dan standing wave ratio: ≤1.5. itu adalah spesifikasi produk dari antenna merk advance digitals.

Sekarang saya akan memberikan cara pemasangan antenna advance digitals:

  1. pemasangan tiang, tempatkan tiang dilubang utama, lalu pasang dengan sekrup seperti yang ditunjukkan.
  2. pasang dua bagian ke tiang antenna utama seperti yang ditunjukkan, pastikan tab pada klem berada di lubang di bagian tiang reflector sebelum mengencangkan mur samping
  3. sambungkan antenna ke TV, setelah menghubungkan kabel dengan konektor F male dan konektor F female, kencangkan penutup tanah air dibagian konektor F male.
  4. Pilih tiang bulat yang sesuai (logam, bamboo atau kayu), antenna harus dipasang secara vertical.

Apakah sampai disini bisa di tangkap penjelasannya. Tentu bisa di tonton juga tutorial yang banyak dalam bentuk video. Sekarang saya akan melanjutkan tutorial bagaimana merakit atau memasang booster antenna. Disini saya membeli booster antenna merk Toyosaki tipe TYS-99.

Perhatian:

  1. Pastikan tidak ada bagian dari serabut kabel yang terhubung singkat dengan bagian inti kabel
  2. Inti kabel harus terjepit sempurna.

Rating:

  • Gain (Max): 40-46db
  • Frequency: 54-860MHz
  • Channel: VHF (CH2-CH12) & UHF (CH21-CH60)
  • Level output: 110 dBuV
  • Impedansi: 75Ω
  • Tegangan: AC220V/50Hz
  • Daya listrik: 3 Watt

Fitur:

  • Transistor kualitas jepang (High Gain & Low Noise)
  • Untuk siaran TV analog dan TV digital
  • Dual band UHF & VHF
  • Dapet digunakan untuk perangkat TV tabung (CRT), LCD, LED, & Plasma

Penting:

  1. Bacalah spesifikasi produk dan petunjuk pemasangan secara seksama
  2. Pastikan tegangan listrik sudah sesuai dengan spesifikasi produk
  3. Untuk hasil maksimal; gunakan kabel antenna (RG-6) dengan kualitas baik, Panjang kabel antenna UHF/VHF ke unit outdoor, jangan lebih dari 2m, panjangkan kabel unit outdoor, jangan lebih dari 100m.
  4. Hindarkan unit outdoor dari tempat yang lembab, basah atau hujan.

Petunjuk perhatian:

  1. Sambungkan antenna UHF ke unit outdoor bagian UHF input, sambungkan antenna VHF ke unit outdoor bagian VHF input, atau dapat juga hanya dihubungkan dengan satu antenna. Misalnya hanya UHF
  2. Sambungkan output unit outdoor dengan to booster unit indoor
  3. Sambungkan to TV unit indoor ke perangkat TV
  4. Nyalakan switch power-ON pada unit indoor
  5. Geser / putar arah antenna untuk me ndapatkan hasil penerimaan terbaik.

Demikian tutorial bagaimana cara memasang antenna dan antenna boosternya. Semoga semuanya bermanfaat yah! Sampai ketemu lagi.

Baca juga:

Share is caring:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *