3 Waktu Tidur Disaat Berpuasa Perlu Diketahui

By | April 24, 2020
3 Waktu Tidur Disaat Berpuasa Perlu Diketahui

3 Waktu Tidur Disaat Berpuasa Perlu Diketahui – tidur waktu berpuasa perlu diatur untuk kesehatan badan kita. Karena terlalu banyak tidurnya bisa melemaskan badan kita.

What’s up guys? Semoga hari ini tetap diberi kemudahan yah dari segala urusannya. Aamiin. Hari ini Jum’at, Tanggal 24 Bulan April Tahun 2020 bertepatan hari pertama kita berpuasa. Tentu dari kemaren semua dipersiapkan dalam menyambut ibadah puasa ini. Ada yang bersih-bersih rumah, ada juga para ibu rumah tangga dirumah menyiapkan sajian untuk riungan setelah sholata tarawih. Wah, pasti menyenangkan yah! Apalagi mereka yang menyambutnya dengan penuh Bahagia. Sebagaimana sabda Nabi: “barang siapa yang senang dengan masuknya bulan suci Ramadhan, maka Allah akan mengharamkan jasadnya masuk ke dalam api neraka”. SubhanaAllah.

Baca juga: Cara Mengirim Pesan WhatsApp Tanpa Mengetik 

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar Bulan suci Ramadhan, tidak perlu yang berat-beratlah materi, karena ilmu agama saya masih cetek, heheheheh. Ini bukan kajian soal agama dari bulan puasa ini. Tapi sedikit sih ada nilai kajiannya. Disini saya akan membahas tutorial waktu tidur yang tepat selama bulan suci Ramadhan ini. Awas, jangan multi tafsir yah pemahaman ada sebuah dalil yang sering kita denger “tidurnya orang berpuasa adalah ibadah”. Masa tidur dari pagi sampai menjelang berbuka puasa ibadah, dan masa ga bangun-bangun. Kapan sholatnya? Kapan mengaji Al-Qur’annya? Yah, saya juga kadang seperti itu.

Ada beberapa pertanyaan mungkin dalam benak kita, terutama pada waktu setelah sahur. Apakah tidur setelah sahur atau sholat subuh itu sehat? Nah, pasti ini toh pertanyaannya. Setelah saya baca-baca di media online seputar kesehatan tubuh kita setelah sahur atau sholat subuh itu dianjurkan atau tidak. Saya akan jelaskan dari  apa yang saya baca.

Baca juga: 7 Cara Kemasan Membuat Telur Puyuh Asin

Waktu yang tepat untuk kita tidur adalah sebagai berikut:

  1. Tidur setelah sahur atau sehabis sholat subuh itu tidak apa. Usahakan tidur setelah sahur cukup dengan 30 menit saja. Kalau lebih dari itu absensi Work From Home menjadi telat. Artinya tidak masuk kehadiran.
  2. Tidur setelah sholat dzuhur juga tidak apa-apa. Sama seperti setelah sahur, tidur di usahakan cukup hanya 30 menit saja. Kalau lebih dari itu sholat ashar nanti akan terlewati bila orangnya semalamnya bergadang.
  3. Untuk waktu tidur yang terakhir adalah disaat semua aktivitas sholat tarawih selesai, makan malam pun sudah dilaksanakan, dan santai sejenak dengan keluarga di ruang TV. Tidur di waktu puasa ini jangan sampai larut. Apa akibatnya kalau tidur sampai larut? Waktu untuk sahur, bersiap-siap atau menghangatkan masakan bisa terlewati, sehingga waktu sahur tidak dilaksanakan. Ada penyesalan, waktu siang hari hanya mengeluh lapar, haus karena sahur bisa menguatkan kita ketika berpuasa dan bertahan dari pagi sampai menjelang berbuka puasa.

Waktu-waktu diatas, adalah waktu untuk kita tidur tidak terlalu lama. Boleh saja waktu malam tidur dari habis tarawih sampai menjelang sahur. Siapa yang melarang? Tidak ada akan. Menurut ilmu kedokteran durasi tidur ketika berpuasa cukup 6 jam saja totalnya. Untuk menyehatkan badan kita. Semua itu sebagai penunjangnya adalah makanan yang sehat dan bergizi. Pengalaman saya sahur itu membuat puasa kita menjadi kuat. Bila tidak sahur di waktu siang itu sudah membuat perut kita lapar.

Mari para khalayak utamakan kesehatan kita dalam menjalani puasa ini di tengah pandemic covid-19 ini, merefleksikan diri arti pentingnya kesehatan dalam tubuh kita dengan mengikuti aturan pemerintah tetap bekerja dirumah, beribadah dirumah, untuk memutus mata rantai corona virus pandemic ini.

Baca juga: 5 Strategi Cepat Menjadi Juara di Worm Zone

Demikian artikel ini saya buat. Semoga tentu ini menjadi bermanfaat untuk para khalayak. Sampai berjumpa lagi di artikel-artikel lainnya yah.

Share is caring:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *